Ads

Saturday, August 30, 2014

Wisata alam Umbul Sidomukti

Perjalanan yang cukup menantang

Berburu kawasan wisata alam di Hari Raya Idhul Fitri bersama keluarga sesuatu yg sangat menghibur dan membahagiakan sekaligus menjengkelkan karena susahnya cari penginepan. Kali ini pilihan jatuh di Umbul Sidomukti, letaknya kurang lebih pada ketinggian 1.200 mdpl. Dikarenakan penginapan sampe tanggal 1 Agustus 2014 (H+3) penuh semua, terpaksa kami pesan tanggal 2 Agustus 2014 (H+4).

Perjalan dari semarang mulai merambat, untuk menghindari kemacetan sampe jatingaleh kami masuk tol dan keluar di ungaran. Dari sini kembali jalan merambat, sampe pom bensin lemah abang belok kanan ke arah bandungan, disini harus ekstra hati-hati karena harus memotong jalur berlawanan yang cukup padat. Bapak polisisi tidak ada, untungnya ada “polisi-polisi dadakan” alias tukang parkir liar, biarpun liar tapi cukup membantu, dengan memberikan receh seikhlasnya, dengan lancar kami bisa menerobos dan memotong kemacetan.

Jalan arah ke bandungan ini cukup halus dengan jalur yang naik turun dan berliku, lebar jalan yang sempit namun cukup untuk bersimpangan. Untuk menuju kawasan wisata alam Umbul Sidomukti, perjalanan kita cukup sampe pasar jimbaran saja, selanjutnya cari jalan ke kanan, jalanannya sangat kecil kalo kurang jeli bisa kelewatan. Perhatikan kendaraan yang dari arah sidomukti, karena jalur awal ini sangat sempit tidak bisa simpangan harus gantian, sabar sedikitlah. Setelah dirasa cukup aman barulah kita belok dan masuk jalur kearah TKP.

Jalan masuk yang sempit di tengah pemukiman penduduk dengan trek menanjak yang cukup tajam. Pintu masuk ini juga merupakan pos pendakian menuju puncak ungaran. Untunglah jalanya telah di perbaiki dan beraspal, sehingga sedikit menolong. Dari pintu masuk ini masih 3 kilometer lagi menuju umbul sidomukti. Jangan khawatir tersesat di perkampungan karena akan ada papan petunjuk mengenai umbul sidomukti. Namun harus berhati - hati karena sempit nya jalan, hanya cukup untuk satu mobil. Oleh karena itu jika berpapasan salah satu harus mengalah.

Jalanan ini tidak bisa dilalui bus, di hari-hari libur sangat padat, perhatikan kondisi mobil dan pengemudinya, tanjakan yang cukup tajam dan cukup sulit saat simpangan, performa mobil dan kesabaran pengemudi disini betul-betul teruji. Rem tangan dan ketangguhan mesin sangatlah diperlukan, kondisi tanjakan dan kepadatan tidak memungkinkan untuk ancang-ancang.

Kemacetan yang luar biasa membuat lelah, stress, dan menjengkelkan akan sirna ketika kita berpaling ke kanan. Sejauh mata memandang terhampar keindahan alam yang indah dan mempesona, hati terasa sejuk dan nyaman.

Peristirahatan yang nyaman
Kami pesan tempat di PONDOK WISATA, perjalanan pendek yang melelahkan namun menyejukan hati dengan alamnya yang indah berakhir di pos induk security. Tempat parkir berada dibawah pos induk yang menurun tajam. Kondisi parkir terdiri dari susunan batu yang ditata rata dan rapi, luas yang cukup memadai dengan kapasitas villa yang ada.





Dari bangunan berkonsep modern minimalis ini bisa menikmati hamparan sawah dan lembah yang indah mempesonona,

Bila malam tiba suasana begitu tenang, hening jauh dari keramaian, gemerlap lampu kota semarang yang indah memiliki sensasi tersendiri. Istirahat dengan di temani bunyi jangkrik yang saat ini sudah jarang kita dengar dan juga semilir angin yang sejuk. Atap yang langsung menerawang ke langit dan lihatlah bintang-bintang yang bertaburan. Di pagi hari, Sun rise sudah mengintip dari balik jendela kamar dan nikmatilah hangatnya mentari pagi. Pikiran akan fresh dan kembali semangat untuk beraktifitas.

Taman Renang Alam Umbul


Setelah menikmati Sun Rise di pagi hari kita keluar menuju kolam renang. Ada empat buah kolam yang bertingkat dan dapat dipilih sesuai kedalaman yang diinginkan. Airnya sangat dingin, jernih dan menyegarkan. Dari atas sini view pemandangan tidak kalah indahnya.

Mata air yang jernih mengalir tiada henti, gemericik indah mendendangkan lagu alam yang sahdu nan mempesona, dihiasi celoteh dan tingkah bocah yang dengan lincahnya merayap di reflika panjat tebing.

Taman renang umbul alam ini di lereng gunung ungaran dengan ketinggian 1200 dpl, diapit jurang dikedua sisinya. Jurang yang sangat dalam dan gelap penuh misteri, membawa hayal ke alam lain yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Setelah puas menikmati dinginnya air alami di Taman Renang Umbul mari kita lanjutkan menuju ke WAHANA PACU ADRENALIN di Umbul Sidomukti yang cukup menantang dan mampu memicu adrenalin seperti lintasan flying fox, marine bride (meniti jembatan tali menyebrangi di lembah), ATV, jalur trekking dan rapeling menuruni lembah.

1 comment: